Istilah e-commerce dan e-business sering terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan “e” merupakan kependekan dari “elektronik”
yang berarti kegiatan atau transaksi yang dilakukan tanpa pertukaran
atau kontak fisik. Kegiatan ini menjadi mungkin dengan berkembangnya
komunikasi digital yang sangat pesat.
E-Commerce
e-commerce merupakan perdagangan yang dilakukan secara elektronik dimana pihak-pihak terlibat melakukan proses penjualan, pembelian, transfer atau pertukaran produk, serta layanan atau informasi melalu jaringan komputer. e-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan-pelayanan public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk meningkatkan mutu layanan maupun kecepatan penyampaian informasi.
e-commerce dikembangkan dalam skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan departemen di perusahaan anda, organisasi dan system computer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi keamanan. Terutama keamanan dalam bertransaksi.
E-Business
e-business adalah suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis. E-Business dapat pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-Business memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk berhubungan dengan system pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
e-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki ruang lingkup yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat di tempat khusus atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. e-business merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan.
Model E-Commerce
Ada 4 macam model-model pokok yang berkembang dalam E-Commerce, yaitu :
Tujuan e-commere memang benar-benar money oriented, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang seperti, memperoleh kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Selain perbedaan yang telah disebutkan, ada juga kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.
sumber:
http://ardimzs.wordpress.com/2014/10/14/definisi-e-commerce-dan-e-business/
http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/
http://www.blog.jtc-indonesia.com/2010/05/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e.html
http://blog.akakom.ac.id/sinarsuryait/e-commerce-dan-e-business/
E-Commerce
e-commerce merupakan perdagangan yang dilakukan secara elektronik dimana pihak-pihak terlibat melakukan proses penjualan, pembelian, transfer atau pertukaran produk, serta layanan atau informasi melalu jaringan komputer. e-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan-pelayanan public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk meningkatkan mutu layanan maupun kecepatan penyampaian informasi.
e-commerce dikembangkan dalam skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple computing system; semua lini dan departemen di perusahaan anda, organisasi dan system computer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau lebih entity, maka pengembangan e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi keamanan. Terutama keamanan dalam bertransaksi.
E-Business
e-business adalah suatu implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis. E-Business dapat pula kita artikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-Business memberikan kemungkinan kepada suatu perusahaan untuk berhubungan dengan system pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
e-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki ruang lingkup yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat di tempat khusus atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. e-business merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi elektronik dalam perusahaan.
Model E-Commerce
Ada 4 macam model-model pokok yang berkembang dalam E-Commerce, yaitu :
- Business-to-Business (B2B)
- Model Business-to-Business ini menawarkan penjualan atau pembelian dalam bentuk maya tetapi oleh satu perusahaan pada perusahaan lain saja. Model B2B ini tidak terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut.
- Business-to-Consumer (B2C)
- Contoh dari Business-to-Consumer yaitu http://www.amazon.com. Dimana perusahaan ini menjual buku yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul buku.
- Consumer-to-Consumer (C2C)
- Contoh dari Consumer-to-Consumer yaitu http://www.ebay.com. Dimana merupakan suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan lain melalui internet.
- Consumer-to-Business (C2B)
- Contoh dari Consumer-to-Business yaitu http://www.priceline.com. Dimana dalam model ini konsumen menawarkan harga tertentu. Dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.
- B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
- B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
Tujuan e-commere memang benar-benar money oriented, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang seperti, memperoleh kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
Selain perbedaan yang telah disebutkan, ada juga kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.
sumber:
http://ardimzs.wordpress.com/2014/10/14/definisi-e-commerce-dan-e-business/
http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/
http://www.blog.jtc-indonesia.com/2010/05/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e.html
http://blog.akakom.ac.id/sinarsuryait/e-commerce-dan-e-business/
